Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.
Berita

Masyarakat Air Anyir Bangka rayakan tradisi Rebo Kasan

Sungailiat (ANTARA) – Masyarakat di Desa Air Anyir Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, merayakan tradisi Rebo Kasan sebagai upaya melestarikan warisan budaya leluhur.

Wakil Bupati Bangka Syahbudin di Merawang, Rabu, mengatakan perayaan tradisi Rebo Kasan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, agar tetap mendapat perlindungan serta dijauhkan mara bahaya.

Rebo Kasan merupakan tradisi budaya yang dilaksanakan setiap pada hari Rabu akhir di Bulan Safar tahun Hijriah 1445 H. Tradisi Rebo Kasan digelar dengan rangkaian doa, ditandai dengan Adzan, doa air Wafak, ketupat Lepas, dan serangkaian doa lainnya.

Tradisi Rebo Kasan salah satu kekayaan budaya yang dimiliki Kabupaten Bangka, tradisi atau budaya ini harus tetap dilestarikan oleh generasi sekarang.

“Melalui tradisi ini menjadi momentum mempererat tali silaturahmi antar masyarakat di Kabupaten Bangka khususnya masyarakat Desa Air Anyir,” kata dia.

Ketua DPRD Kabupaten Bangka Iskandar yang merupakan putra Air Anyir mengatakan ritual Rebo Kasan adalah upacara tradisional yang diadakan sebagai ritual tolak balak.

“Upacara tradisi diadakan sebagai ritual tolak balak yang diselenggarakan secara turun temurun dari orang tua kita sebelum dan sampaikan sekarang,” kata dia.

Masyarakat Desa Air Anyir, memeriahkan tradisi Rebo Kasan dengan saling berkunjung ke rumah tetangga untuk saling bermaaf- maafan seperti halnya memeriahkan lebaran, tamu yang berkunjung disediakan makanan berbagai jenis kue.

 

 

 

Pewarta: Kasmono
Editor : Joko Susilo

URL Source : https://babel.antaranews.com/berita/369234/masyarakat-air-anyir-bangka-rayakan-tradisi-rebo-kasan

COPYRIGHT  © 2023 babel.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button