Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.
Artikel

Peresmian Kampung Adat Gebong Memarong

Hai Sobat Exotic Bangka🥰👋🏻.

Yuk Kenali apa itu Kampung Adat Gebong Memarong
Kampung adat gebong memarong merupakan rumah adat Orang Lum di Dusun Air Abik Desa Gunung Muda, Kabupaten Bangka, Bangka Belitung.

Pembangunan Kampung Adat Gebong Memarong diawali dengan Ngujem Tiang Kampung Adat Gebong Memarong. Ada tujuh Gebong atau tujuh bubung rumah tradisional yang dibangun di Kampung Adat yang di bantu sepenuhnya Oleh PT Timah Tbk, dan saat ini telah berdiri.

Kampung Adat Gebong Memarong akan dibuka untuk masyarakat yang ingin mempelajari dan mengenal adat istiadat masyarakat mapur beserta kerajinan atau kriya hasil masyarakat adat Mapur.

Ketua Lembaga Adat Mapur Abok Usang Gedoy menceritakan ada tujuh bubung memarong yang dibangun di Kampung Adat Gebong Memarong yakni empat memarong yang akan digunakan untuk penginapan, satu memarong untuk galeri, satu memarong untuk museum dan satu balai adat.

Kampung Adat Gebong Memarong merupakan kekayaan serta kearifan lokal masyarakat Mapur yang mempunyai nilai-nilai budaya yang harus terus dirawat dan dilestarikan.

Dalam soft launching juga dilakukan peluncuran buku Mapur Mendulang Kisah Meraup Berkah bersama PT Timah di Kampung Adat Gebong Memarong Air Abik.

Penulis Buku Mapur Mendulang Kisah Meraup Berkah Kurniati dan Derry Nodyanto, menyampaikan kearifan lokal dan tradisi budaya merupakan sebuah kekayaan, harta, dan potensi dalam perkembangan peradaban yang apabila dikembangkan potensinya dapat berdampak bagi ekonomi masyarakat.

Diharapkan nantinya Kampung Adat Gebong Memarong akan menjadi daya tarik bagi wisatawan dan bisa terus melestarikan tradisi , adat istiadat Orang Lum serta meningkatkan ekonomi masyarakat.

Photo by : @habil_joniusra @drugsse
Editor : @nfthnwafiq

#exoticbangka
#sukulombangka
#mapur
#memarong

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button