Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.
Ekonomi KreatifKriya

DESHANDA CRAFT

Deshanda craft merupakan rumah usaha yang memanfaatkan bahan-bahan yang ada dialam seperti Lidi Nipah dan Kulit Jagung. Rumah Usaha Deshanda Craft mengolah bahan-bahan tersebut menjadi barang-barang yang cantik, multiguna dan bernilai jual tinggi.

Rumah usaha yang berdiri sejak tahun 2011 ini telah memproduksi berbagai kerajinan seperti laundry basket, cermin dinding hias, tempat tidur kucing, hampers, cover lampu gantung, hiasan dinding dan lain-lain. Harga barang-barang hasil kerajinan tersebut biasanya berkisar antara Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 600.000 tergantung dengan ukuran serta tingkat kesulitan dalam membuatnya.

Bagi yang tertarik untuk membeli produk-produk ini bisa datang langsung ke alamat Rumah Usaha Deshanda Craft di Jalan Alhayati No. 28 Kace Timur Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka  atau dapat menghubungi kontak pemilik nya Ibu Rishanda dengan  No. Hp. 081367699436. Rumah usaha Deshanda Craft ini juga menerima pesanan bagi mereka yang memiliki bentuk lain sesuai keinginan.

CERMIN DINDING HIAS

Sebenarnya barang yang satu ini adalah barang yang familiar yang sering kita gunakan sehari hari. Setiap orang pasti memiliki barang ini dirumah mereka. Ya, dialah cermin. Berbagai macam bentuk cermin biasanya kita temui. Ada yang berbentuk bulat, lonjong, panjang maupun persegi. Namun di tangan Ibu Rishanda bentuk cermin ini memiliki nilai estetik tersendiri. Ibu Rishanda menghias cermin yang biasa menjadi tak biasa. Cermin yang dibuat oleh Ibu Risanda ini ditambah dengan hiasan-hiasan menggunakan kulit jagung. Kulit-kulit jagung ini dikeringkan terlebih dahulu. Setelah kering baru lah dibentuk sesuai dengan keinginan. Kulit jagung tersebut bisa juga diwarnai setelah dibentuk untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan kelihatan lebih cantik. Bermacam-macam harga jual yang ditawarkan untuk cermin hias ini disesuaikan dengan keindahan bentuk nya. Namun tidak akan merogoh kantong kita terlalu dalam. Untuk lebih detail nya dapat ditanyakan kepada owner dari Rumah usaha Deshanda Craft sendiri.

HIASAN DINDING

Hiasan dinding yang dibuat oleh Rumah Usaha Risanda ini adalah hiasan dinding yang lebih bernilai etnik. Dibuat dengan menggunakan lidi dari pohon Nipah dan ditambah dengan hiasan-hiasan lain seperti bandul-bandul dari kayu serta benda-benda lain yang menambah kesan etnik pada hiasan. Dalam pembuatan hiasan dinding ini teknik pewarnaan sangatlah berpengaruh. Keindahan dan kesesuaian warna dapat memberi kesan cantik dan menarik agar orang tertarik melihat barang tersebut. Hiasan-hiasan dinding ini dijual dengan kisaran harga Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 600.000.

 

COVER LAMPU GANTUNG

Produk yang satu ini masih dibuat dari Lidi Nipah. Gabungan lidi Nipah ini akan menghasilkan cover lampu yang cantik apalagi jika dipadukan dengan warna-warna yang menarik. Selain menggunakan lidi Nipah, cover lampu ini juga dibuat dengan tambahan bahan seperti rotan untuk memperkokoh bentuk cover lampu. Berbagai macam bentuk cover lampu yang dihasilkan seperti bentuk lonjong, bulat maupun persegi. Harga jual cover lampu ini berkisar sekitar satu jutaan keatas. Untuk memberikan kesan yang lebih bagus, pada cover lampu ditambahkan juga pernak-pernik lain yang senada dengan cover lampu.

oleh             : Bidang Ekraf Dinparbud

Fotografer   : Habil Joniusra

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button