Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.
Ekonomi KreatifKuliner

ANEKA PEYEK DAN KERIPIK USAHA RUMAHAN DIVILA

Olahan usaha rumahan satu ini memang sering kita temui ditoko-toko makanan. Macam-macam produk yang dibuat oleh Ibu Dwi Susanti ini diantaranya peyek dengan berbagai macam toping diantaranya peyek udang rebon, peyek ikan teri, peyek kacang hijau dan peyek kacang tanah.

Selain peyek aneka toping, usaha rumahan berlabel “Divila’ ini juga memproduksi berbagai jenis keripik antara lain keripik pisang dengan varian rasa original, manis dan coklat. Ada juga keripik Bayam, keripik Daun Bijur dan tak kalah uniknya ada juga keripik yang dibuat dari Daun Sirih. Memulai usaha dari tahun 2018 dan sempat terhenti karena suami sakit, kini usaha rumahan ini kembali memproduksi produk yang dikategorikan sebagai cemilan ini sampai sekarang.

ANEKA PEYEK

Berbahan dasar tepung dan diramu dengan berbagai bumbu seperti lada, garam, kunyit, kencur dan penyedap rasa. Aneka makanan ringan ini ditambah dengan berbagai toping seperti Udang Rebon, Ikan Teri, Kacang Hijau dan Kacang Tanah. Bercita rasa gurih, renyah, asin, menjadikan cemilan satu menjadi cemilan favorit bagi anak-anak dan orang dewasa. Cocok dikonsumsi saat santai dirumah atau pun saat bekerja dikantor.

Peyek Udang Rebon

Terbuat dari tepung dengan campuran udang rebon ditambah dengan bumbu-bumbu antara lain lada, garam, kunyit, kencur dan penyedap rasa sehingga menambah cita rasa enak dalam peyek. Selain sebagai cemilan, peyek udang rebon juga bisa dijadikan lauk makan karena terdapat campuran udang didalamnya.

Peyek Ikan Teri

Hampir sama dengan peyek udang rebon, peyek ikan teri ini berbahan tepung yang ditambah dengan bumbu-bumbu yang sama. Hanya ditambah dengan ikan teri sebagai topingnya. Cocok untuk cemilan dan lauk juga.

Peyek Kacang Hijau dan Peyek Kacang Tanah

Serupa tapi tak sama, dibuat dari tepung tinggal ditambah dengan kacang hijau dan kacang tanah. Masih diramu dengan bumbu yang sama, peyek kacang hijau dan kacang tanah juga memiliki rasa khas tersendiri. Perbedaan rasa diantara kedua nya begitu terasa saat kita makan kedua cemilan ini. Rasa peyek kacang tanah lebih kental dibandingkan dengan peyek kacang hijau. Namun keduanya sama-sama bercita rasa renyah dan gurih.

ANEKA KERIPIK

Produk selanjutnya dari usaha rumahan Divila ini adalah aneka keripik. Mulai dari Keripik Pisang manis, original dan coklat, sampai dengan keripik Daun Bayam, keripik Daun Bijur dan keripik Daun Sirih yang memiliki cita rasa yang unik.

Keripik Pisang Manis, Original dan Coklat.

Cemilan satu ini merupakan cemilan lama yang sudah melegenda. Namun saat ini rasa keripik pisang sudah lebih bervariasi. Tak hanya rasa original, keripik pisang sekarang ada rasa manis, coklat. Biasanya jenis pisang yang digunakan adalah pisang kepok karena memiliki cita rasa yang khas dan cocok untuk dibuat keripik. Cara membuat cemilan ini cukup mudah, keripik pisang original tinggal ditambahkan rasa yang diinginkan. Untuk keripik pisang coklat, keripik pisang original tinggal ditambahkan dengan bubuk coklat. Begitu pun dengan keripk pisang manis, tinggal ditambahkan gula sebagai cita rasa manisnya.

Keripik Bayam

Keripik ini menggunakan daun bayam sebagai bahan dasar. Namun daun bayam yang digunakan adalah daun bayam yang berukuran lebih besar agar mudah dibentuk dan menghasilkan keripik  Bayam yang cantik. Dibalur dengan tepung dan bumbu-bumbu yang sama seperti pada peyek.

Keripik Daun Bijur

Daun Bijur seringkali kita jumpai diolah sebagai sayur untuk makan. Namun ditangan Ibu Dwi Susanti dari rumah usaha Divila, Daun Bijur dikemas menjadi keripik yang enak. Dicampur dengan tepung dan bumbu bumbu semakin menambah rasa enak dan gurih keripik ini. Daun Bijur yang digunakan adalah Daun Bijur yang berukuran cukup besar agar mudah dibentuk menjadi keripik.

Keripik Daun Sirih

Keripik satu ini jarang kita temui, hanya usaha-usaha rumahan tertentu yang membuatnya. Usaha rumahan Divila berhasil mengemas daun Sirih menjadi keripik yang bercita rasa unik. Rasa nya yang asin, sedikit pahit namun renyah dan gurih serta enak untuk dijadikan cemilan. Selain sebagai cemilan biasa, keripik Daun Sirih juga bisa dijadikan obat. Kandungan minyak Atsiri, hidroksikavicol, estragol dan lainnya dalam daun sirih bisa dijadikan obat anti bakteri, anti oksidan yang bermanfaat bagi kesehatan terutama pada wanita.

Contac Ibu Dwi : 081278780861

Oleh             : Bidang Ekraf Dinparbud

Fotografer    : Habil Joniusra

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button