Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.
Berita

Pertahankan Kearifan Lokal, PT Timah Tbk Bersama Lembaga Adat Mapor Bangun Kampung Adat Gebong Memarong

TIMELINES1.COM, BANGKA – PT. Timah Tbk bersama Lembaga Adat Mapor membangun Kampung Adat Gebong Memarong, yakni rumah adat sebanyak 7 bubung rumah yang merupakan rumah adat Suku Lum di Dusun Air Abik, Desa Gunung Muda, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka.

Dibangunya Kampung Adat Gebong Memarong upaya mendukung pelestarian adat, kebudayaan, kearifan lokal masyarakat.

Rumah Adat Gebong Memarong merupakan rumah adat Orang Lum berbentuk panggung beralaskan kayu ibul, beratap nipah dan berdinding kulit kayu. Terletak di Desa Air Abik yang terdiri dari 7 gebong (bubung) rumah tradisional yang telah dibangun di Desa Air Abik.

Rabu (28/12/2022) dilakukan peninjauan pembangunan Gebong Memarong oleh

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Rismy Wiramadonnah,S.STP.,M.Si beserta staf yang juga menghadiri Program Timah mengajar dan pelatihan Tenun, Galeri Kerajinan Mapor, dan pengenalan kegiatan sekolah adat Mapor.

Rismy kepada wartawan Kamis (29/12/2022) mengatakan rencananya peresmian Gebong Memarong ini akan digelar Januari 2023. Menurutnya yang menjadi daya pikat Kampung Gembong Memarong ini tersedia berbagai macam pelatihan seperti pelatihan anyaman dan tenun berbahan dasar rotan, resam serta lais yang merupakan tanaman yang tumbuh disekitar Desa Air Abik yang dapat dijadikan berbagai hasil karya bernilai ekonomis.

“Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sangat menyambut baik dan mengapresiasi PT Timah dalam upaya pelestarian budaya adat mapor sehingga menjadi daya tarik wisata kedepannya yang akan dipromosikan dan dilestarikan,” ucap Rismy.

Harapannya, Rumah Adat Memarong agar lebih dikenal masyarakat luas dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk lebih mengenal budaya serta adat yang telah lama ada di Bangka. Selain itu, kegiatan ini juga bisa menjadi upaya pelestarian budaya agar tidak hilang bersama perkembangan zaman.

Abok Usang Gedoy, Ketua Adat Orang Lum sekaligus Ketua Lembaga Adat Mapur mengatakan tujuh memarong tersebut akan digunakan sebagai tempat berkumpul masyarakat, tempat pernikahan, galeri untuk memasarkan produk hasil kerajinan, museum yang akan menampilkan peralatan orang lum dan lainnya, serta penginapan untuk wisatawan yang ingin menginap di rumah Orang Lum.

“Nantinya setelah Kampung Adat Gebong Memarong ini selesai akan menjadi daya tarik bagi wisatawan dan bisa terus melestarikan tradisi dan adat istiadat Orang Lum,” harap Abok Udang Gedoy.

Dalam peninjauan pembangunan Kampung Gebong Memarong dihadiri juga Direktur SDM PT. Timah, Yennita yang langsung memberikan bantuan alat tenun kepada Lembaga Adat Mapor yang diwakili oleh kaum emak emak yang menjadi bagian dari  Program Timah Mengajar.

 

Oleh : Shakil – 

URL Source : https://timelines1.com/2022/12/30/pertahankan-kearifan-lokal-pt-timah-tbk-bersama-lembaga-adat-mapor-bangun-kampung-adat-gebong-memarong/

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button