Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.
Berita

Dukung Pelestarian Adat, PT Timah Bangun 7 Gebong Memarong dan Program Timah Mengajar

BANGKAPOS.COM, BANGKA — Dalam rangka mendukung pelestarian adat, kebudayaan, dan kearifan lokal masyarakat Bangka Belitung, PT Timah Tbk bekerjasama dengan Lembaga Adat Mapor melakukan pembangunan Kampung Adat Gebong Memarong sebanyak 7 bubung rumah adat orang Suku Lum di Dusun Air Abik Desa Gunung Muda Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Rismy Wiramadonnah mengatakan sebagai upaya sosialisasi dilakukan kegiatan Program Timah Mengajar dan peninjauan pembangunan Kampung Gedong Memarong pada Rabu (28/12/2022).

“Kegiatan ini diisi dengan pelatihan tenun, galeri kerajinan Mapor dan pengenalan kegiatan Sekolah Adat Mapor dan lainnya,” kata Rismy Wiramadonnah di kantornya, Kamis (29/12/2022).

Dijelaskannya, Rumah Adat Gebong (Bubung) Memarong merupakan rumah adat Orang/Suku Lum berbentuk panggung beralaskan kayu Ibul, beratap nipah dan berdinding kulit kayu sudah dibangun di Dusun Air Abik terdiri dari 7 gebong (bubung) rumah tradisional.

“Rencananya peresmian Gebong Memarong akan dilakukan awal tahun 2023 mengundang Kementerian BUMN, saat ini masih dilakukan finishing untuk penyempurnaan,” ujar Wira, sapaan akrabnya.

Ditambahkannya, Pemkab Bangka melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sangat menyambut baik dan mengapresiasi PT Timah Tbk dalam upaya pelestarian budaya adat Mapor, sehingga menjadi daya tarik wisata kedepannya yang akan dipromosikan dan dilestarikan.

“Selain itu penghargaan yang setingginya kepada seluruh pelaku budaya, baik pengurus Lembaga Adat Mapor, pembina Lembaga Adat Mapor Ali Usman , budayawan Akhmad Elvian, juga dukungan pelatihan dari Dinas KUKM Provinsi Babel serta yang paling utama support dari PT Timah,” ujarnya.

Diharapkannya, ke depan perlu penguatan komitmen dan sinergi serta kolaborasi yang baik dari semua stakeholder agar mampu menjaga dan memelihara aset yang sudah dibangun, sehingga dapat terus ditingkatkan dan berkelanjutan

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa menjadi awal bagi Rumah Adat Gerbong Memarong agar lebih dikenal masyarakat luas dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk lebih mengenal budaya serta adat yang telah lama ada di Bangka. Selain itu, kegiatan ini juga bisa menjadi upaya pelestarian budaya agar tidak hilang bersama perkembangan zaman,” harapnya.

 

Penulis: Edwardi

Editor: Iwan Satriawa

URL Source : https://bangka.tribunnews.com/2022/12/29/dukung-pelestarian-adat-pt-timah-bangun-7-gebong-memarong-dan-program-timah-mengajar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button