Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.
Berita

Meriahnya Exotic Bangka Festival Cultural and Sport Tourism Bangka, Ada Beragam Lomba

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Dentuman suara musik melayu terdengar merdu dari sebuah panggung besar di Halaman Kantor Bupati Kabupaten Bangka, Jumat (11/10/2022).

Berbagai atraksi seperti tarian melayu, menyanyi dan lomba tradisional membuat suasana di sekitar menjadi semarak. Tak ayal kegiatan tersebut mengundang atensi dari masayarakat dan segenap tamu undangan yang hadir.

Kegiatan tersebut merupakan Exotic Bangka Festival  Cultural and Sport Tourism yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Rismy Wiramadonnah mengungkapkan pagelaran Exotic Bangka ini dikemas dengan menggabungkan festival budaya Bangka dan sport tourism yang juga mengusung tema Festival Sekaput Ancup tahun 2022.

Sekaput Ancup sendiri lanjut dia merupakan akronim dari Sepenggal Karya Putra Putri Antar Pariwisata dan Budaya Bangka.

“Kita menyelenggarakan Festival Budaya Bangka dan sport tourism ini menggabungkan dua unsur yakni budaya dan olahraga yang kita kemas menjadi kegiatan Excotic Bangka,” ucap Ira sapaan akrabnya kepada Bangkapos.com Jumat (11/10/2022) siang.

Lebih lanjut, Ira menyebutkan kegiatan ini sebagai momentum dalam rangka merayakan hari pahlawan yang jatuh pada 10 November 2022 kemarin.

“Semangat para pahlawan ini kita implementasikan dalam bagaimana bentuk pelestarian seni budaya kita terutama kita memperkenalkan budaya kita yang sudah mulai terkikis terhadap generasi muda saat ini,” lanjut Ira.

Pada pelaksanaanya, Exotic Bangka Festival Cultural dan Sport tourism ini dilaksanakan selama tiga hari yaitu mulai 10-12 November 2022.

Untuk Festival Kebudayaan, Ira memaparkan kegiatannya berbasis perlombaan seni budaya Bangka Belitung seperti berbalas pantun tingkat pelajar dam umum, lomba rudat, lomba dambus tunggal, lomba gasing, lomba kerito surong di tingkat OPD, melukis tema budaya dan Lomba Fotografi Tema Budaya Bangka.

“Ada beberapa kesenian yang sudah mati suri terlebih saat pandemi Covid-19, sehingga kita ingin menghidupkan kembali kesenian pada momentum festival ini,” ucap Ira.

Di samping itu, untuk sport tourism diselenggarakan melalui kegiatan Duathlon yang diikuti 185 pelari baik nasional maupun lokal. Para pelari nantinya akan mengambil start Halaman Kantor Bupati Bangka dan mengelilingi Kota Sungailiat

Dikatakan Ira, para pelari sendiri terdiri dari unsur atlet, lokal ASN, TNI Polri, BUMN, dan Relay serta pelari luar daerah misalnya dari Pontianak Surabaya, Jakarta, Belitung, Lampung yang sudah siap memeriahkan kegiatan ini.

“Besok pagi pukul 06.00 WIB para pelari akan melewati kota Sungailiat atau City Tour karena kita ingin mengenalkan Kota Sungailiat terhadap wisatawan yang datang,” tegas Ira.

Melaui kegiatan ini ,lanjut Ira sebagai ajang untuk mempromosikan pariwisata dan budaya Kabupaten Bangka, sebab Kabupaten Bangka telah siap menjadi daerah yang akan dikunjungi baik lokal ,nasional maupun mancanegara.

“Kita menyelenggarakan event seperti ini berkat kolaborasi dengan berbagai stakeholder yang ada,” bebernya.
Meskipun dengan segala keterbatasan yang ada, namun pihaknya sangat yakin dengan efisiensi pelaksanaan kegiatan maka outputnya akan berkualitas.

“Kita sudah rindu momentum seperti ini karena kan sudah banyak tertunda saat pandemi Covid-19 kemarin,” jelasnya.

Ia juga berharap, ajang ini juga sebagai momentum kebangkitan pariwisata di Kabupaten Bangka. “Bangka ini sangat banyak wisatanya ,setiap weekend pasti wisatawan lokal selalu berbondong-bondong ke sini, sehingga kita harap melalui kegiatan seperti ini maka akan semakin ramai,” harapnya.

 

Penulis : Akhmad Rifqi Ramadhani

Editor : Fery Laskari

URL Source : https://bangka.tribunnews.com/2022/11/11/meriahnya-exotic-bangka-festival-cultural-and-sport-tourism-bangka-ada-beragam-lomba.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button