Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.
Desa Wisata

DESA WISATA SUNGAI UPANG

Desa Wisata Sungai Upang terletak di Desa Tanah Bawah, Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka. Sungai Upang merupakan sumber air bersih bagi masyarakat setempat dan habitat hidup ikan yang ditetapkan sebagai kawasan konservasi biodiversity untuk menyelamatkan dan mengembangkan berbagai flora endemik Pulau Bangka. Perjalanan menuju Sungai Upang jika dari Sungailiat yaitu sekitar 54 km dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 15 menit.

Desa yang luasnya 6.435 hektar mengalir sungai yang panjangnya sekitar 10 km. Selain sebagai sumber air bagi warga, Sungai Upang juga sumber penghidupan karena  warga sekitar mencari ikan untuk memenuhi kebutuhan lauk seharai-hari dari sungai ini. Warga hanya mengandalkan peralatan tradisonal seperti pancing, bubu, dan jaring agar kelestarian biota sungai ini tetap terjaga dan tidak rusak. Hasil yang didapat antara lain Toman,Baung, Tapah dan Gabus.

Kawasan konservasi hayatinya seluas 40 hektar. Terdapat sekitar 36 jenis ikan yang hidup di sini dan satwa lainnya seperti mentilin, rusa, lutung, pelanduk, dan berbagai jenis burung. Di sepanjang sungainya tumbuh tanaman rasau yang berguna untuk mengurangi sedimentasi dan sebagai tempat ikan bertelur, serta pohon perupuk, rengas, gelam, dan meranti.

Ada 6 pilar konservasi yang dimilliki Sungai Upang. Salah satunya Konservasi Kehati (Keberagaman Hayati). Konservasi ini lebih berfokus pada penanaman anggrek yang berada di pulau kecil bernama Pulau Anggrek yang letaknya di sebrang dermaga Sungai Upang. Untuk menuju pulau tersebut dikenakan biaya perahu sebesar Rp5.000/2 orang. Pemandangan Pulau Anggrek juga bisa dinikmati dari gazebo apung.

Penulis : Rosa Dinata

Fotografer : Pokdarwis Sungai Upang

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button