Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.
Seni Pertunjukan

BARONGSAI BODHI DHARMA SHAOLIN

Seni Pertunjukan Barongsai atau yang juga dikenal dengan sebutan Wu Shi atau Tarian Singa (Lion Dance) tersebut merupakan salah satu kesenian rakyat yang banyak menyebar di Tiongkok. Kebudayaan ini kemudian dibawa masyarakat Tiongkok  dan biasanya ditampilkan dalam berbagai acara besar seperti festival atau bagian perayaan Imlek atau di Bangka sering di sebut Kongian. Tarian tradisional asal Negeri Tirai Bambu yang mengandalkan kelincahan ini bahkan telah menjadi salah satu cabang olahraga sejak 2013.

Kata Barongsai itu sendiri berasal dari kata “Barong” (barong Bali) dan ‘Sai” (singa dalam Bahasa Hokkian). Sosok singa dipakai sebagai ekspresi semangat,harapan, optimisme,keberanian dan persatuan.

Kesenian barongsai di Kabupaten Bangka salah satunya beralamat di Jl.Yos Sudarso No.30 Sungailiat ini dikenal dengan nama Barongsai Bodhi Dharma Shaolin yang di ketuai oleh Rizki Surya alias Aphing. Adapun Barongsai mereka sudah sering tampil dalam acara-acara besar keagamaan maupun perlombaan di manca negara seperti Malaysia, Hongkong, Thailand, Pakistan dan banyak lagi negara-negara yang sudah mereka kunjungi.

Penulis : Delonix Regia

Fotografer : Aphing

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button