Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.
Kuliner

KELESAN BELINYU

Kelesan atau lebih dikenal dengan empek-empek merupakan salah satu kuliner khas dari Kecamatan Belinyu. Sebutan kelesan juga karena makanan ini di keles atau tahan disimpan lama yang membuat ciri khas untuk sebutan warga Belinyu. Kelesan seperti empek-empek pada umumnya berbahan dasar dari ikan dengan campuran tepung cara makannya bisa direbus dan bisa digoreng tergantung selera masyarakat.

Kelesan tidak berbeda dengan empek-empek Palembang atau Empek-empek dari daerah lain pada umumnya. Yang membuatnya sedikit berbeda kelesan biasanya menggunakan ikan ciu dari laut Belinyu yang dikenal lebih enak. Jika empek-empek Palembang atau empek-empek lainnya menggunakan cuka hitam atau menggunakan cuka tauco, maka Kelesan menggunakan cuka jeruk kunci.

Masyarakat Belinyu mempunyai cara tersendiri untuk melestarikan kelesan tersebut dengan mengadakan lomba membuat kelesan di setiap acara yang mereka buat sehingga kelesan semakin dikenal masyarakat Belinyu maupun masyarakat luar serta perlomban itu juga menjadi acuan kedepannya untuk mencatat rekor muri.

Penulis : Serli Anggreani

Fotografer : Habil Joniusra

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button