Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.
Berita

Kadisparbud Bangka Terima Audiensi Calon Penerima Anugerah Kebudayaan

SUNGAILIAT, Babelxpose – Calon Peraih Anugerah Kebudayaan Indonesia kategori anak-anak asal Kabupaten Bangka Zakia Minang Ayu (10) melakukan audiensi dengan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Rismy Wira Madonna, Senin (5/8/2024).

Dalam Audiensi yang berlangsung di ruang kerja Kadisparbud Kabupaten Bangka itu, Minang Ayu (sapaan akrabnya) didampingi Ayahandanya Erianto Syafri dan Ibundanya Ira Esmeralda serta Ketua Dewan Kesenian Bangka Wandasona Alhamd, Sekretaris DKB Ade Widiasari dan Dewan Penasihat DKB Tata Gustari.

Pada kesempatan tersebut Ibunda Minang Ayu, Ira Esmeralda melaporkan tentang kegiatan yang ia jalankan selama proses seleksi mengikuti Anugerah Kebudayaan Indonesia yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi Republik Indonesia kepada Kadisparbud Kabupaten Bangka.

“Alhamdulillah, kemarin Minang Ayu sudah diwawancarai oleh tim dari kemendikbudristek tentang aktivitasnya berkesenian, mendongeng, puisi dan lain -lain bersama teman-temannya disanggar Lira dan Akar Rumput,” ujarnya.

Ira Esmeralda yang juga Seniman serta Penasihat Dewan Kesenian Bangka tersebut mengaku sangat terharu dan bersyukur Putrinya Minang Ayu biaa sampai pada titik sekarang ini.

“Ini anugerah buat kami sekeluarga, saya sampai tidak bisa berkata apa-apa lagi, ini hadiah Allah untuk kami, untuk Minang sendiri yang juga Agustus ini berulang tahun. Kami sangat berterimakasih kepada Ibu Kepala Dinas Parbud, Dewan Kesenian Bangka yang telah memberikan kesempatan ini kepada Minang Ayu, Semoga Minang Ayu dapat memberi Manfaat untuk orang Banyak,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kabupaten Bangka Rismy Wira Madona menyampaikan apresiasinya kepada Minang Ayu dan Kedua orang tuanya yang telah konsisten menjaga talenta seni yang dimiliki secara turun temurun.

“Bakat Minang Ayu tumbuh dilingkungan keluarganya secara turun temurun, kami sangat bangga dan berterimakasih kepada Minang Ayu dan keluarga. Terus berkarya dan kami pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Parbud akan terus mendukung,” ungkap Wira.

Wira juga menekankan pentingnya membangun sinergitas bersama dalam membangun dan melestarikan Kebudayaan di Kabupaten Bangka.

“Inilah bentuk sinergitas kita Pemerintah Daerah bersama Lembaga Dewan Kesenian Bangka. Kami menyadari DKB paham betul siapa yang memenuhi persyaratan untuk diusulkan, Pak Pj. Bupati kita juga support, semoga kedepan kita juga bisa mengusulkan lebih banyak lagi dengan kategori-kategori lain, sehingga dapat mengharumkan nama Kabupaten Bangka” imbuhnya.

Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) adalah penghargaan yang diberikan Pemerintah RI melalui Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek. Tidak hanya kategori anak-anak, AKI juga memberikan penghargaan dari Menteri dengan kategori Pelestari, Pelopor dan Pembaru, Maestro Seni Tradisi, Media dan Pemerintah Daerah, Lembaga dan perorangan asing serta Gelar dan Tanda Kehormatan dari Presiden yang terdiri dari Bintang Mahaputera atau yang setingkat, Bintang Budaya Parama Dharma atau yang setingkat dan/atau Satyalancana Kebudayaan.

“Hari Rabu, Tanggal 31 juli kemarin Minang mendongeng divideoin sama tante dan Om dari jakarta. Mendongengnya juga didepan teman – teman sanggar,” kata Minang Ayu.

Saat ini AKI 2024 telah mencapai pada tahapan penilaian akhir setelah beberapa hari lalu Tim dari Kemendikbudristek sempat melakukan survey turun langsung kelapangan mengambil video profilling para calon penerima berikut orang – orang yang berada dilingkungannya seperti keluarga, teman-teman berkesenian, unsur pemerintahan dan lembaga yang mengusulkan, seniman serta budayawan.

Demikian pula dengan Zakia Minang Ayu yang diusulkan Dewan Kesenian Bangka ikut serta pada kategori anak – anak dimana Tim dari Kemendikbudriatek juga telah mengumpulkan data-data dari beberapa sumber tersebut untuk selanjutnya menjadi pertimbangan Tim Penilai pada proses akhir seleksi.

Diketahui, Pengumuman AKI 2024 menurut rencana akan di laksanakan pada tanggal 30 Agustus 2024 nanti.

Oleh             : Suthababelxpose

URL Source : https://babelxpose.com/author/suthababelxpose/

Copyright@2023 Babelxpose.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button