Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.
Berita

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Kembali Gelar Festival Kemuja 2023

BANGKAPOS.COM, BANGKA — Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awwal 1455 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka bekerja sama dengan Desa Kemuja kembali mengadakan Festival yang mengusung seni budaya Islam yaitu Festival Kemuja 2023.

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan pada kalender event Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka yang bertujuan untuk melestarikan seni kebudayaan adat istiadat serta kearifan lokal yang dimiliki Desa Kemuja serta meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Acara Festival Kemuja akan berlangsung mulai 19-23 September 2023 di Desa Kemuja Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka malam ini akan dibuka oleh Bupati Bangka,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Rismy Wiramadonah

Rismy Wiramadonah mengatakan festival mengusung seni budaya Islam yang akan dimeriahkan dengan berbagai ajang perlombaan seperti lomba Rudat, lomba Rebana, Lomba Dambus, lomba Hadrah, dan lomba Berzanji/Muhayyan dengan memperebutkan total hadiah Rp 50 juta.

Festival akan dibuka 19 September 2023 dan diakhiri dengan acara penutupan pada 23 September 2023 pukul 20.00 WIB yang akan dihadiri langsung oleh Bupati Kabupaten Bangka yaitu H.Mulkan, S,H., M.H beserta para pejabat tinggi lainnya.

“Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Desa Kemuja juga akan dimeriahkan dengan tradisi Ngangung ke masjid serta silahturahmi dari rumah ke rumah di seputaran Desa Kemuja Mendo Barat,” kata Rismy Wiramadonah

Festival ini menurut Rismy Wiramadonah mendapat antusias tinggi dari masyarakat lintas kabupaten di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Terlihat dari beberapa peserta dari luar Kabupaten Bangka yang telah mendaftarkan tim atau perorangan ke pihak panitia.

Ini dilihat dari gotong royong masyarakat setempat terhadap proses persiapan acara, serta kuota peserta yang sudah hampir penuh di setiap cabang lomba.

“Melalui festival ini juga, Pemerintah Kabupaten Bangka mengajak kepada seluruh masyarakat Prov. Kep Bangka Belitung bersama-sama meramaikan tradisi nganggung dengan istilah lebaran di Desa Kemuja. Bersilaturahmi dengan cara mengunjungi rumah ke rumah dan makan bersama menjadi tanda penghargaan kepada pemilik rumah, meskipun tidak saling mengenal,” kata Rismy Wiramadonah

Tradisi Nganggung dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW bukan hanya untuk perayaan semata di Desa Kemuja.

Nilai-nilai yang dapat diambil dari tradisi Nganggung ini untuk mengingatkan kembali terhadap sosok keteladanan Nabi Muhammad SAW dan menjalankan semua ajaran-ajaran yang telah diberikan dengan contoh menjalin silaturahmi dan bersedekah.

(Bangkapos.com/Deddy Marjaya)

Sumber: bangkapos

Penulis: deddy_marjaya
Editor: Ardhina Trisila Sakti
URL Source : https://bangka.tribunnews.com/2023/09/19/dinas-pariwisata-dan-kebudayaan-kabupaten-bangka-kembali-gelar-festival-kemuja-2023.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button