Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.
Berita

Meriahnya Lomba Kuliner Kue Khas Bangka di Festival Kenango 1 Muharam

BANGKA, TIMELINES.ID – Rangkaian kegiatan Festival Kenango 2023 pada momen hari besar agama, tahun baru Islam 1 Muharram 1445 di Kelurahan Kenanga berlangsung meriah.

Salah satunya Lomba Kuliner dan Kue Tradisional Khas Bangka yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Senin (17/7/2023) telah mengumumkan sejumlah nama pemenang yang berpartisipasi dalam acara.

Kegiatan Festival Kenango yang bekerja sama dengan Pemerintah Kelurahan Kenanga dihadiri langsung Ketua TP PKK Kabupaten Bangka, Hj. Yusmiati Mulkan, SE.

Yusmiati antusias terjun langsung menjadi tim penilaian bersama 3 juri lainnya. Tak tanggung tanggung, melihat semangat para peserta lomba, ia langsung menambahkan kuota untuk para pemenang.

Awalnya, pada perlombaan ini hanya memperebutkan juara 1, 2 dan 3 saja, tetapi beliau menambahkan juara harapan 1, harapan 2 dan harapan 3.

Rismy Wiramadonnah, S.STP., M.Si menjelaskan perlombaan kuliner kue tradisional khas bangka bertujuan untuk menggugah semangat pelaku kuliner tradisional agar berani berkreasi baik dari segi rasa maupun kemasan (packaging).

Dengan demikian, jajanan khas tradisional bisa lebih dikenal publik, sehingga bisa dijadikan buah tangan bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Lomba ini adalah bagian dari rangkaian Festival Kenango 2023 yang bertujuan untuk mengembangkan potensi pelaku kuliner khususnya kue basah agar bisa berkreasi mengembangkan produknya baik variasi rasa tampilan dan kemasan produk yang akhirnya nanti bisa dijadikan oleh-oleh khas Bangka untuk menunjang pariwisata,” kata Rismy.

Disamping itu, Rismy mengatakan dengan dilaksanakannya lomba tersebut diharapkan sebagai sarana melestarikan warisan budaya lokal.

Total peserta perlombaan ini ada 25 peserta. Dengan juknis membuat 2 pilihan kue tradisional yang sudah di tentukan oleh pihak panitia.

Sebanyak 9 Pilihan kue yg ditentukan yaitu, Gandus, kelamai ubi, onde, sangkulun, rangai, celepon, jongkong, yet-yet, dan talam ubi.

Setelah sesi penilaian selesai, pemenang langsung di umumkan pada saat itu juga, sekaligus langsung penyerahan hadiah.

 

Penulis: Zuesty Novyanti

Editor: Dedy Irawan

Copyright Timelines1.com 2022

URL Source : https://timelines.id/2023/07/18/meriahnya-lomba-kuliner-kue-khas-bangka-di-festival-kenango-1-muharam/

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button