Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.
Berita

Sungailiat Triathlon 2023 Siap Digelar, BMKG Perkirakan Mei Cuaca Mendukung

BANGKA BELITUNG, TIMELINES.ID — Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka siap melaksanakan Sungailiat Triatlhon ke- 8 pada 13 Mei 2023 mendatang di kawasan wisata Tanjung Pesoana Sungailiat. Hal ini disampaikan Kepala Disparbud Kabupaten Bangka, Rismy Wira Madonna saat menggelar press release di Ruang Rapat Elang, Tanjung Pesona Senin (20/3/2023).

Hingga saat ini tercatat sebanyak 150 peserta yang sudah mendaftar melalui website Disparbud Kabupaten Bangka.

Kali ini sebanyak 300 peserta yang akan bertanding di 3 cabang olah raga yakni lari, bersepeda dan renang.

“Triathlon ini merupakan gabungan 3 cabang olah raga yakni lari, bersepeda dan renang. Untuk tenang kita akan melihat kondisi cuaca dan kita sudah berkoordinasi dengan Badan Meteorologi dan Klimatologi dan Geofisika,” kata Rismy dalam paparannya.

Menurut Rismy, kegiatan Triathlon yang menjadi agenda event tahunan di Kabupaten Bangka untuk meningkatkan sektor pariwisata ini memang sudah 2 tahun vakum lantaran pandemi Covid 19 yang melanda seluruh belahan dunia. Sehingga untuk tahun 2023, kegiatan ini kembali digelar lantaran banyaknya permintaan dari peserta dari luar daerah.

Hanya saja kendala cuaca yang masih menjadi pertimbangan event ini harus digelar sehingga Disparbud Kabupaten Bangka melakukan koordinasi dengan acuan BMKG untuk menentukan situasi yang bagus yang ditentukan pada Mei 2023.

“Ini semacam me-recharge dan event ini memang sangat rumit dilaksanakan karena membutuhkan koordinasi yang luar biasa dari berbagai pihak”, kata dia.

Kepala Bagian data dan informasi, BMKG Bangka Belitung, Kurniaji mengatakan saat tahun 2023 ini merupakan tahun yang mendukung untuk di gelar event tourism sport karena diperkirakan akan hingga beberapa bulan ke depan cuaca akan sering panas dan jarang hujan.

“Tahun ini cuaca mendukung 5 hari ke belakang sudah panas. Tadi pagi saja saya lihat titik panas masuk ke angka belasan padahal ini masih Maret. Apalagi April hingga ke Mei nanti. Kondisi cuaca akan semakin hangat dan jarang hujan,” kata Kurniaji.

Dia menyarankan untuk cabor Lari dan Bersepeda pihak panitia mempersiapkan kendaraan tanki air untuk mengamankan kondisi jalanan yang panas dan stand minuman untuk para peserta.

“Kita perlu wanti – wanti. Yang perlu dikhawatirkan ini bagiamana Disparbud dan Pak Ilik (Konsultan) memastikan para peserta lomba lari dan bersepeda seperti menyediakan stand minum dan mobil penyiram air. Menurut saya berlari di kota dan di pesisir itu sungguh sangat berbeda. Akan terasa sangat haus dan sangat terik. Hembusan angin pesisir itu sangat berbeda dengan kondisi di kota,” sarannya.

 

Editor : Dedy Irawan

Penulis : Zuesty Novyanti

Copyright Timelines1.com 2022

URL Source : https://timelines.id/2023/03/20/sungailiat-triathlon-2023-siap-digelar-bmkg-perkirakan-mei-cuaca-mendukung/2/

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button