Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.
Berita

Mulkan Harap Sektor Pariwisata Bangka Maju Pesat Pasca Tambang

BANGKA BELITUNG, TIMELINES.ID – Pemerintah Kabupaten Bangka terus menggencarkan berbagai event untuk meningkatkan sektor pariwisata di Kabupaten Bangka sebagai sektor andalan.

Bupati Bangka, Mulkan, SH., MH., Saat membuka kegiatan Press Release Triathlon 2023 di ruang rapat Elang, Hotel Tanjung Pesona Senin (20/3/2023) mengatakan saat ini pemerintah daerah sudah menzerokan Wilayah Tambang Rakyat (WPR) di darat karena akan habis pada 2025 mendatang.

Sedangkan untuk wilayah laut akan berakhir pada Tahun 2027 nanti.

“Kita tidak bisa bergantung terus pada pertambangan. kontrak karya kita di bagian darat akan habis Tahun 2025. Bahkan kami, pemerintah daerah sudah menzerokan, tidak ada lagi WPR yang di darat sudah kita zerokan. Karena sudah beralih fungsi menjadi pemukiman. 2026 kontrak karya laut, tambang kita habis. Jadi kita harus mentransformasi image, konsep dan mind set masyarakat. Jangan bergantung pada pertambangan,” kata Mulkan.

Menurutnya salah satu upaya untuk meningkatkan sektor pariwisata yang dimiliki Kabupaten Bangka yakni dengan gencarnya diselenggarakan berbagai event. Kata dia, tanpa ada kegiatan maka perkembangan pariwisata akan lambat dan terhambat.

“Salah satu untuk mempromosikan daerah yang kita miliki adalah di bidang pariwisata. Tanpa ada kegiatan maka ini akan lambat dan terhambat,” lanjutnya.

Mulkan mengatakan saat ini Kabupaten Bangka belum ditetapkan menjadi Kawasan strategi nasional atau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) lantaran terkendala beberapa teknis.

Namun ia optimis, dengan membuat berbagai macam event dapat mempercepat perkembangan pariwisata yang berimbas pada ekonomi kerakyatan.

“Kita sudah menetapkan dan mempersiapkan Wilayah KEK. Kemarin ada kendala secara teknis, sehingga kita belum ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus. Kalo sudah, semua sektor harus berkembang di Kabupaten Bangka ketika lokasi prioritas dari pariwisata akan terbuka semua. Ini harapan kita ke depan. Apabila pariwisata tumbuh dengan baik. Terutama pertumbuhan ekonomi kerakyatan akan meningkat. Apalagi ketika Jembatan Bahtera (Bangka – Sumatera) ini bisa terbangun, ini mimpi Bupati sehingga ekonomi kerakyatan tumbuh dengan baik,” imbuh Mulkan.

Ia berharap event Triathlon ke-8 ini akan sukses terlaksana dengan kekompakan dan segala pihak dengan dukungan cuaca yang bersahabat.

“Triathlon ini penggabungan 3 cabang olah raga. Ada renang, ini kita lihat kondisi cuaca. Semoga cuaca bersahabat dan ombak tidak kencang sehingga dapat dilaksanakan Triatlon dengan sukses.

Ada Lari setelah itu bersepeda, memang sangat rumit karena kita menggabungkan 3 cabor. Saya yakin dan percaya kita tetap bersatu kompak pasti akan dilakukan dengan baik,” harapnya lagi.

 

Penulis: Zuesty Novyanti

Editor: Dedy Irawan

URL Source : https://timelines.id/2023/03/20/mulkan-harap-sektor-pariwisata-bangka-maju-pesat-pasca-tambang/2/

Copyright Timelines1.com 2022

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button