Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.
Cagar Budaya

Fragmen Arca Kota Kapur

 

Penemuan Fragmen Arca Kota Kapur Kota Kapur, Desa Penagan, Kec. Mendo Barat, Bangka tahun 1925 Tempat penyimpanan berada di Museum Nasional, Jakarta (Inv. No. 6313), dan Bahan yang digunakan dalam membuat fragmen tersebut yaitu bahan granit, tinggi dari fragmen kota kapur 19,5 cm. pada saat ini fragmen arca kot kapur hanya tinggal bagian kepala leher dan dada. Fragmen hanya berupa kepala dan badan. Terlihat pa­da bagian kepala arca me­ngenakan sebuah mahkota berbentuk silindris dengan ukuran yang cukup tinggi. Bagian tepi bawah mah­kota tersebut seperti dilingkari tali yang bentuknya mem­bu­lat dan rambut digambarkan menjurai di bagian teng­kuk. Perhi­asan yang dikenakan hanya sepasang hiasan telinga berben­tuk seperti cincin.

arca Wiṣṇu ini dite­mukan hanya bagian kepa­lanya saja, maka untuk menen­tukan per­tanggalannya dapat dilihat dari bentuk mahkota­nya. Dari peng­gam­baran bentuk mahkota tam­pak dipahat dalam gaya se­per­ti arca-arca Wiṣṇu dari Kamboja, yaitu pada masa seni pre-Angkor. Stutter­heim ber­pendapat bahwa arca tersebut berasal dari abad ke-7 Masehi dengan alasan karena tempat dite­mu­kannya sama dengan Prasasti Kota Kapur yang berangka tahun 686 Masehi. Berdasarkan ben­tuk mahkota dan tempat temuannya, maka arca Wiṣṇu Kota Kapur dapat ditempat­kan pada abad ke-6-7 Masehi.

Fotografer : Puslitbang Arkeologi Nasional

Editor : Sri Budiasmarani

Sumber : Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button