Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.
Desa Wisata

DESA WISATA AIR TERJUN 7 TINGKAT, AIR TERJUN BOLANG, BUKIT IDAT

Desa Dalil, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka, yang memiliki luas wilayah 66,35 km2 menyimpan destinasi wisata alamnya yang indah. Diantaranya  wisata Air Terjun 7 Tingkat, Air Terjun Bolang, dan Bukit Idat. Para wisatawan akan dimanjakan dengan panorama alam yang indah dan menyejukkan setiap mata yang memandang.

Wisata alam Air Terjun Tujuh Tingkat berada di ketinggian 200 MDPL yang  terletak di kaki Bukit Buik. Jarak yang harus ditempuh sekitar 10 km untuk mencapai ke tempat parkirnya. Kemudian dilanjutkan menuju air terjun selama 1 jam perjalanan. Destinasi wisata ini hanya bisa ditempuh dengan sepeda motor. Hal ini dikarenakan trek perjalan yang sulit dilewati. Sampai dilokasi Anda akan disambut oleh suara gemericik air yang mampu menenangkan hati yang bersumber dari puncak bukit.

Kemudian ada Air Terjun Bolang yang terletak di kaki Bukit Maras berjarak 13,33 km dari Kota Sungailiat. Daya tarik dari air terjun ini ialah memiliki 2 kolam yang cocok untuk berenang maupun terjun bebas. Nama air terjun ini sendiri berasal dari sebuah acara salah satu Stasiun TV yaitu Si Bolang. Dimana Si Bolang pernah mengunjungi tempat ini dan sampai sekarang air terjun ini masih dinamakan Air Terjun Bolang.

Selanjutnya Bukit Idat yang kerap dijadikan tempat berkemah para pecinta alam. Dikala fajar menyingsing, pesonanya akan menerbangkan para wisatawan bak mengunjungi negeri atas awan. Hal ini disebabkan pemandangan segerombolan awan yang memanjakan mata. Tak hanya itu, saat senja menyapa setiap pasang mata dibuat terkagum akan indahnya sang surya yang tenggelam di ufuk Barat. Diketahui juga bahwa nama Bukit Idat berasal dari tumbuhan endemik Bangka Belitung yang kerap dijadikan lalapan oleh masyarakat sekitar, yaitu Pohon Idat atau yang lebih dikenal dengan Pucuk Idat.

 

Penulis : Rosa Dinata

Fotografer : Dinas Pariwisata Kabupaten Bangka

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button