Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.
Desa Wisata

DESA WISATA KAMPUNG GEDONG

Kampung Gedong yang terletak di Desa Lumut, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Adalah kampung percinaan paling awal di Bangka, penduduk yang menghuni kampung ini adalah keturunan dari orang-orang cina daratan yang pertama kali datang ke Bangka, tepatnya dari provinsi Guangdong. Mereka merupakan keturunan tionghoa Hakka, mulanya mereka datang ke Bangka diabad 18 sebagai pekerja tambang timah, karena sejak lama Pulau Bangka dan Belitung sudah lama dikenal sebagai pulau timah.

Sementara pekerja tambang dari Guangdong terkenal keahliannya dalam urusan menambang, kolonial Belanda pun mendatangkan para suku tionghoa Hakka dari Guangdong untuk bekerja dipertambangan timah.

Di Kampung Gedong sendiri masih ada beberapa rumah tua dengan arsitektur khas Cina yang diperkirakan sudah berumur lebih dari satu abad yang dipertahankan keasliannya sejak pertama kali dibangun. Rumah-rumah tersebut dibangun tanpa menggunakan paku, rumah dibangun menggunakan pasak.

Selepas masa kejayaan timah di bumi Bangka, para penghuni Kampung Gedong banyak yang berusaha Kerupuk Kemplang. Kerupuk Kemplang buatan warga Kampung Gedong memang menjadi wisata belanja wajib saat bertandang kekampung ini.

 

URL Source : https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/kampung_gedong

Fotografer : Ilham Rapilka

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button