Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.
DestinasiWisata Religi

BUKIT FATHIN SAN

Wisata Religi Mahayana atau yang dikenal dengan Bukit Fathin San merupakan kuil atau kelenteng bagi umat Budha dan Tionghoa yang berdiri di lereng Bukit Betung. Terletak di Desa Lubuk Keli, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka. Berjarak 30 km dari Kota Pangkalpinang dengan kisaran waktu tempuh sekitar 45 menit, sedangkan dari Pusat Kota Sungailiat hanya 15 menit saja.

Kuil yang dibangun di atas bukit pada 2011 ini memiliki 350 anak tangga. Pada kaki bukit terdapat Kolam Ikan Koi yang biasa digunakan untuk melempar koin karena dipercaya dapat membawa berkah atau keberuntungan. Sedangkan pada dinding tebingnya terukir 8 buah relief yang menggambarkan perjalanan hidup sang Budha mulai dari lahir hingga meniggal.

Menuju ke atas dibangun sebuah Goa buatan tempat bertapa dan beribadah yang di dalamnya terdapat Naga Emas. Selain itu, kuil atau kelenteng ini juga memiliki patung Buddha dan patung Dewi Kwan Im yang berukuran besar.

Sampai di puncak Bukit dapat terlihat jelas kawasan kota Sungailiat serta keindahan alam sekitarnya yang menyejukkan dan sangat tenang. Pemandangan bukit yang hijau dan panorama laut lepas menjadi daya tarik tersendiri saat berkunjung ke sini.

Kawasan Bukin Fathin San dibuka untuk umum, siapapun boleh berkunjung ke tempat ini meskipun bukan masyarakat di luar Tionghoa ataupun Budha. Namun ada hari-hari tertentu pengunjung tidak diperbolehkan datang, seperti pada saat Sembahyang Kubur.

Penulis : Rosa Dinata

Fotografer : Ilham Rapilka

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button